Derap Pramuka 254 dalam LKP/LKG Kwarcab Jaksel

Penulis : Admin | 2013-05-29 19:09:13

Sabtu, 17 November 2012, bertempat di lapangan Yon Zikon 13 Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Pramuka 254 yang diwakili oleh satu regu putri (Gudep 030) berangkat untuk mengikuti LKP/LKG (Lomba Keterampilan Pramuka/Lomba Keterampilan Gudep).

Pagi-pagi sekali, dengan diangkut dengan menggunakan mobil bak terbuka yang dikendarai langsung oleh Kakak pembina Pramuka kita yaitu Kak Jala Seno, S.Pd, dan didampingi oleh Kakak pendamping yaitu Kak Stephanie, kelas IX.2, rombongan ini telah sampai di arena. Dibandingkan dengan rombongan dari sekolah lain, tampaknya Pramuka 254 tergolong yang paling pagi. Namun strategi ini justru paling tepat. Sebab kalau tiba setelah mendekati pukul 8, ternyata harus menghadapi kesulitan untuk memutar balik kendaraan, sebab kendaraan pengantar tidak diizinkan memasuki dan parkir di dekat arena lomba. Sedangkan di luar pun tak ada tempat parkir yang memadai.

Regu putri Pramuka 254 yang berangkat untuk mengikuti kegiatan ini terdiri dari 8 orang, yaitu :

  1. Dwina Faidah, VII.7 (Ketua Regu)
  2. Rosiana Fitri Utami, VII.8 (Wakil Ketua Regu)
  3. Jeni Juliani, VII.5
  4. Fasih Sugiartini, VII.5
  5. Putri Helda Anjani, VII.8
  6. Dewi Rosmala Sari, VII.8
  7. Risa Nuramalia, VII.3
  8. Sinta Dewi Risha Az Zahra, VII.6

Kenapa hanya regu putri ? Kemana regu putra kita ? Mereka hanya angkat bahu ketika reporter buletin “Prestasi” mencoba menanyakan sambil berkata “tanyakan pada rumput yang bergoyang”. Lomba kepramukaan tingkat Kota Administrasi Jakarta Selatan yang diselenggarakan oleh Kwarcab Jakarta Selatan berlangsung dari pukul 08.00 sampai 17.00. Wow… lama sekali. Maklumlah, pesertanya sangat banyak.

Terdapat 7 macam keterampilan Pramuka yang dilombakan, yaitu Semaphor, Morse, Sandi, PPGD, Pionering, Orientering, dan PBB, dengan dua kategori yaitu Pramuka Siaga dan Penggalang. Untuk Penggalang di lapangan Yon Zikon 13, sedangkan untuk Siaga di lapangan Zeni Kostrad, tak jauh dari Yon Zikon 13.

Setelah penuh semangat dan cukup lelah mengikuti rangkaian lomba, sayangnya regu Pramuka Putri 254 belum berhasil meraih juara untuk satu nomor lomba pun.  Hasil terbaik yang telah mereka tunjukkan ternyata belum cukup untuk meraih poin tertinggi. Tapi tak mengapa. Tak usah patah semangat.  Tak harus selalu juara. Yang penting, ayo kobarkan terus api semangat kepramukaan SMP N 254 Jakarta. Ingat, dulu Pramuka kita pernah sangat berjaya ! Maju terus, kami mendukung di belakangmu ! [We-eS/Reporter]