Pelaksanaan Kurban

Kurban biasa juga disebut Udhhiyah atau Dhahiyyah secara harfiah berarti hewan sembelihan. Sedangkan ritual kurban adalah salah satu ritual ibadah pemeluk agama islam, dimana dilakukan penyembelihan binatang ternak untuk dipersembahkan kepada Allah. Ritual kurban dilakukan pada bulan Dzulhijjah pada penanggalan Islam, yakni pada tanggal 10 (Hari Nahar) dan 11, 12 dan 13 (Hari Tasyrik) bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

Itu semua dilakukan, karena mengikuti perintah Allah Swt, dengan mengikuti jejak langkah Nabi Ibrahim, atas perintah-Nya untuk menyembelih putera tercintanya Ismail, karena ketaatannya, akhirnya Allah ganti sembelihannya itu dengan seekor kibas besar yang Allah datangkan dari surga. Sebagaimana Allah terangkan dalam (Surat Ash-Shaffat).

Pada tanggal 29 Oktober 2012 SMPN 254 Jakarta melaksanakan pemotongan hewan kurban dengan 1 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Adapun sumbangan dari Alumni Angkatan Tahun 1991 & 1993 sebanyak 2 ekor kambing, 1 ekor kambing dari siswa atas nama Ahmad Ali Akbar Aslamy kelas 7.3 dan sumbangan dari guru 1 ekor kambing atas nama H. Ahmad Zein. Pelaksanaan dilakukan di Lapangan Basket dengan disaksikan oleh semua siswa dan segenap guru serta karyawan.

Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berlanjut terus menerus dan semakin banyak hewan yang dikurbankan. Kami ucapkan terima kasih atas partisipasinya serta bantuannya kepada semua pihak yang telah membantu dalam kegiatan penyembilahan hewan kurban, semoga apa yang di keluarkan baik harta, tenaga dan pikiran dibalas dan diganti oleh Allah SWT dengan rejeki yang halal dan penuh berkah, Amin.