Pembentukan WOTK

Dalam rangka mempermudah dan memperlancar komunikasi antara pihak orang tua siswa dengan sekolah, SMPN 254 Jakarta mengadakan pembentukan Wakil Orang Tua Kelas (WOTK). Forum komunikasi ini diharapkan bisa menjadi media yang dapat menjembatani orang tua siswa dengan sekolah dengan lebih terprogram dan efektif.

Satu kelas terdapat 4 WOTK. Satu WOTK merupakan koordinator yang membawahi rata-rata 9 orang yang berada dalam kelompoknya. Kepada koordinator atau WOTK inilah nantinya orang tua siswa dapat menyalurkan segala aspirasi ke sekolah. Melalui WOTK ini pula selanjutnya pihak sekolah menyampaikan program-program  sekolah dan tanggapan atas aspirasi orang tua siswa. Dengan lalu lintas komunikasi yang lebih tertata ini diharapkan kerja sama pihak orang tua dengan sekolah semakin harmonis sehingga proses pembelajaran lebih mudah untuk mencapai sasaran.

Pembentukan WOTK untuk kelas IX dilaksanakan labih dulu, yaitu setelah pertemuan khusus dengan orang tua kelas IX. Sedang untuk kelas VII dan VIII dilaksanakan bersamaan dengan penyerahan Laporan Nilai Tengah Semester I pada hari Sabtu, 9 November 2013.

WOTK ini bukanlah untuk menandingi Komite Sekolah, melainkan merupakan bagian dari Komite Sekolah. Inilah salah satu inovasi dari kepala sekolah kita yang baru ini.